Rabu, 06 Agustus 2008

Penyebrangan Pulau Lembe






Ini adalah susana pelabuhan penyebrangan ke Pulau Lembek Bitung Sulawesi Utara. Jarak ke Pulau Lembe tidak terlalu jauh dan hanya bisa ditempuh sekitar 20 menit, menggunakan speedboad dengan membayar Rp.3000,- s/d Rp. 5000,-. Setiap hari ada puluhan kapal-kapal kecil yang mengantri menyediakan jasa penyebrangan ini, sehingga masyarakat pulau Lembe dapat hilir mudik ke Kota menggunakan jasa mereka.

Sudah selayaknya pemerintah untuk memperhatikan untuk pembangunan jembatan, yang mengubungkan Kota Bitung dengan Pulau Lembe, padahal pembahasan pembangunan jembatan ini sebenarnya telah diperbincangkan sebelumnya, tetapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda pelaksanaan pembangunan tersebut.

Keberadaan pulau Lembe, memang memberikan keuntungan sendiri bagi Kota Bitung, karena dengan keberadaan pulau tersebut, Bitung mempunyai aset berupa Pelabuhan terbesar kedua setelah Ujung Pandang di Makasar. Sehingga kapal-kapal yang berlabuh di Pelabuhan Samudra Bitung, dapat berlabuh dan terlindung dengan aman tanpa ada gangguan gelombang dari lautan lepas.

Gambar diatas diambil saat sedang mengadakan surve study pelaku usaha di Kecamatan Pateten I Kota Bitung (26/7/08).

1 komentar:

  1. Saya thn 1999 kalau tdk salah,berlibur dgn family (peristiwa pergolakan di Ambon) ke Manado dgn Kapal laut. Di Bitung saya ...liburan lewatkan dirumah Tante Saya di Bitung yg bekerja di Perusahaan air minum, oom saya menyewakan perahu dgn keponakan2 saya, adik saya...berlayar melalui pel.lembe-Bitung...saya sungguh kagum...krn air...masih jernih dan saya bisa melihat ribuan....ikan dibawah laut...,sungguh terpesona...pemandangan...yg tidak bisa dilupakan....
    Dgn Boat...melewati dan singgah dipulau salah satu pulau kecil dan...makan kelapa muda......tdk bisa didapatkan di neg.kincir...sini.

    Kota ini mengingatkan masa kecil saya, yg saya habiskan di Manado/Tikala dan Bitung....

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...