Sabtu, 20 Februari 2010

Ketika Air Menjadi Listrik

Kita tahu bersama bahwa air dapat dirubah untuk dijadikan listrik, tentu saja yang dimanfaatkan adalah tenaga air yang mengalir untuk mendorong supaya turbin dapat berputar, lalu dari tenaga putar statis yang dihubungkan dengan generator listrik itu listrik dihasilkan. Berikut perjalanan air itu, sampai kerumah anda untuk menyalakan lampu.


Bermula dari sungai ini. Ini adalah Sungai yang ada di desa Buata di perbatasan antara Provinsi Sulut dengan Provinsi Gorontalo. Dari sungai ini, mungkin juga sungai-sungai lain di Suluruh Indonesia yang sudah dimanfaatkan untuk menjadi listrik tenaga air.

Sungai tersebut kemudian di bendung, di belakang saya foto ini adalah sebuah bendungan yang belum lama di bangun di desa Buata.


Ini tampak sungai yang di bendung, untuk ditinggikan airnya.

Lalu dibuat saluran tersendiri untuk dialirkan menuju turbin.


ini adalah saluran dari bendungan utama menuju rumah turbin.


Ini adalah rumah turbin, tampak di belakang ada sebuah pipa biru besar yang berasal dari saluran dari bendungan diatas. Air itu di jatuhkan ke bawah melalui pipa tersebut dengan ketinggian sekitar 200 m untuk memutar turbin.


Ini adalah turbin yang berada di dalam bangunan diatas, air yang disalurkan dari atas tadi di tangkap oleh turbin ini. Dari turbin ini lah, tenaga air dirubah menjadi listrik.


Kemudian listrik di olah melalui gardu-gardu penyetabil dan kemudian di salurkan.


Ini adalah proses dimana, listrik yang telah dihasilkan dari turbin tadi disalurkan melalui tiang-tiang atau menara sutet ke rumah-rumah.


Dari situlah kita dapat menikmati listrik untuk segala kebutuhan kita, seperti untuk penerangan, menghidupkan tv, komputer dll.

Sebenarnya masih banyak sumber-sumber energi lain yang bisa dimanfaatkan untuk diubah menjadi listrik, dan di Indonesia memiliki sumber-sumber itu, namun belum dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga sampai saat ini, beberapa daerah di Indonesia masih kekurangan pasokan listrik, dan jangan heran bila listrik masih sering mati di daerah anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...