Minggu, 23 November 2008

Solusi Transportasi di kala Banjir













Rata-rata hampir dibeberapa daerah di Indonesia merupakan daerah yang rawan banjir. Terlebih di ibukota Jakarta yang dapat dikatakan sebagai daerah langganan banjir dikala musim hujan tiba. Segala bentuk kesulitan pun selalu menghadang apabila banjir itu datang, rumah-rumah terendam, segala perabotan hanyut, apalagi akses transportasi yang tertutup air dan tak bisa dilewati oleh segala macam jenis kendaraan keculali perahu sampan atau perahu karet sebagai alat evakuasi.














Hal ini tentu saja sangat merepotkan, terutama bagi mereka yang mempunyai mobilitas tinggi, atau yang ingin bepergian tanpa dihalangi oleh halangan banjir. Setelah aku berselancar sejenak ke dunia maya, lalu kusinggah pada salah satu situs, disitu ada beberapa artikel yang disertai gambar-gambar yang menarik tentang mobil amfibi yang dapat berjalan di darat maupun di air. Lalu ku membayangkan jika kendaraan-kendaraan ini dapat dimiliki oleh sebagian dari penduduk Indonesia terutama bagi mereka yang tinggal didaerah rawan banjir, pastilah sangat membantu sekali. Berikut cuplikan dari gambar-gambar mobil tersebut :

Ini adalah salah satu bentuk kreativitas masyarakat di salah satu daerah di China, dimana jalur transportasinya dipisahkan oleh sungai, sehingga kakek ini (pengemudi) memodifikasi kendaraannya bisa berjalan di darat dan disungi. Bentuknya sangat sederhana sekali.

Ketika berada di air bentuknya seperti perahu sampan.







Konsep mobil yang dapat berjalan di darat dan di air ternyata sudah ada sejak jaman dahulu. Di samping adalah sebuah konsep mobil dengan konsep yang sangat modern, yang dibangun pada tahun antara 40-60 an.

Berikutnya adalah Humdinga, sebuah mobil amfibi yang diciptakan untuk segala macam jenis medan. Baik untuk ofroad, jalan raya maupun di air menerjang banjir.





Dan beberapa jenis mobil amfibi lain, yang tentu saja sangat canggih dengan didukung teknologi tinggi.
































Sayangnya mobil-mobil ini hanya diproduksi beberapa saja, dan belum merupakan kendaraan masal. Sehingga harganya masih selangit.
Tetapi melihat potensi banjir di negara kita, apalagi Indonesia adalah negara maritim yang mempunyai wilayah laut yang luas, serta banyaknya sungai-sungai besar yang menghiasi beberapa daerah terutama di Kalimantan. Maka kiranya Pemerintah Indonesia layaknya memikirkan kendaraan Amfibi dapat dijadikan sebagai Mobil Nasional, dengan harga terjangkau. Kendaraan ini selain dapat membantu untuk menjangkau daerah-daerah yang sulit, membantu dikala banjir juga dapat digunakan sebagai transportasi wisata atau untuk berekreasi menyusuri pantai-pantai yang indah, danau atau sungai.
Dan sayangnya juga, ini masih dalam bentuk hayalan tingkat tinggiku. Siapa tau diwaktu yang akan datang dapat memiliki salah satunya. Terutama yang bermerek aquada he...he...he...


2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...